FORUM LALU LINTAS JAKARTA
SELAMAT DATANG DI FORUM LALU LINTAS, FORUM INI SEBAGAI WADAH UNTUK BERTUKAR INFORMASI, MENYAMPAIKAN SOLUSI DAN PENDAPAT YANG BERKAITAN DENGAN LALU LINTAS.

UNTUK MEMULAINYA SILAHKAN ANDA LOGIN ATAU BAGI ANDA YANG BELUM MENJADI MEMBER SILAHKAN KLIK PENDAFTARAN KEMUDIAN ANDA LOGIN DENGAN ACCOUNT ANDA.

TERIMAKASIH

admin
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
free forum


Mengapa Jakarta Selalu Macet?

Go down

Mengapa Jakarta Selalu Macet?

Post by admin on Sun Oct 28, 2012 6:08 pm

Inilah realita yang ada, bahwa arus masuk kendaraan bermotor impor menjadi salah satu penyebab kepadatan arus lalu lintas. Maka meski dengan berbagai kebijakan yang diterbitkan Pemerintah Provinsi DKI, sepanjang keran impor mobil dan sepeda motor masih dibuka pemerintah pusat selebar-lebarnya,  maka kemacetan akan tetap menghantui Ibu Kota.

Pendapat tersebut tergambar dari banyaknya kendaraan bertambah. Setiap hari setidaknya diterbitkan 2.400 STNK kendaraan di Jabodetabek. Sebanyak 400 untuk mobil pribadi dan 2.000 buat sepeda motor.

Bila panjang mobil rata-rata 3 meter, mobil pribadi yang bertambah menyita jalan sepanjang 1.200 meter alias 1,2 km per hari. Jalanan semakin sempit karena sepeda motor juga menyumbang kemacetan cukup signifikan.

Jika panjang sepeda motor 1,5 meter dan 2.000 unit dibariskan, akan menyita tempat sepanjang 3.000 meter alias 3 km per hari. Sekalipun tiga motor disejajarkan agar sama dengan lebar mobil, hitungannya 3.000 meter dibagi 3 ketemu angka 1 km.

Artinya, setiap hari pertambahan kendaraan di Jabodetabek mengambil satu ruas jalan sepanjang 4 km. Sebulan butuh ruas jalan sepanjang 120 km dan setahun 1.440 km.    

Masalah kemacetan menjadi demikian berat dan parah karena panjang jalan di Jakarta hanya 7.650 km dengan luas keseluruhan tak lebih dari 40,1 km2 (6,2% dari luas wilayah DKI). Sementara itu, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan yang berwenang mengatur regulasi kendaraan impor tak juga berniat membatasi.

Akibat keterbatasan lahan, pertumbuhan panjang jalan di Jakarta rata-rata hanya 0,01% per tahun. Road ratio di Jakarta baru mencapai sebesar 6,28%," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ery Basworo, kemarin. Angka tersebut jauh di bawah road ratio Tokyo yang mencapai 20% atau London mencapai 25%.

Banyaknya jumlah kendaraan membuat Jakarta setiap hari dijejali 20,7 juta perjalanan dengan 98,5% merupakan kendaraan pribadi. Jika mengacu pada data hasil kajian Study on Integrated Transportation Masterplan for Jabodetabek (SITRAMP) Bappenas, kemacetan lalu lintas menyebabkan pemborosan dan kerugian ekonomi hingga Rp8,3 triliun per tahun. Bappenas juga mengingatkan estimasi kerugian ekonomi akibat kemacetan bisa mencapai Rp28,1 triliun, sedangkan kerugian nilai waktu perjalanan mencapai Rp36,9 triliun.

Data di atas bukan data terbaru, dan setelah membacanya, apa tanggan kita tentang kemacetan Jakarta ini dan bagaimana solusinya?
avatar
admin
Admin

Jumlah posting : 105
Join date : 13.06.11
Lokasi : jakarta

Lihat profil user http://info-lantas-jakarta.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik