FORUM LALU LINTAS JAKARTA
SELAMAT DATANG DI FORUM LALU LINTAS, FORUM INI SEBAGAI WADAH UNTUK BERTUKAR INFORMASI, MENYAMPAIKAN SOLUSI DAN PENDAPAT YANG BERKAITAN DENGAN LALU LINTAS.

UNTUK MEMULAINYA SILAHKAN ANDA LOGIN ATAU BAGI ANDA YANG BELUM MENJADI MEMBER SILAHKAN KLIK PENDAFTARAN KEMUDIAN ANDA LOGIN DENGAN ACCOUNT ANDA.

TERIMAKASIH

admin
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
free forum


HT Yaesu VX7R TRUE DUAL RECEIVE

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

HT Yaesu VX7R TRUE DUAL RECEIVE

Post by admin on Fri Sep 23, 2011 2:37 pm


Cerita dan pengalaman temen saya:

Saya mempimpikan radio ini sudah lama. Sejak tahun 2007 saya berangan-angan untuk mendapatkan radio ini. Berkali-kali saya membaca e-bay. Tapi waktu itu harganya masih tinggi. Jika beli bini pasti ngomel-ngomel, untuk apa beli perangakat 4 jutaan (harga waktu itu). Maka saat itu saya beli yaesu VX1R dan yaseu VX3R serta VX5R. Hehehehe yaesu mania.

Saya mendapatkan barang ini dari ebay. Sekali lagi saya termasuk beruntung mendapatkanya dengan harga yang relative miring.

Radio ini sangat bagus. Power sangat bagus, bisa 5 W dengan batre bawaanya. Casingnya dari magnesium yang sangat kokoh dengan balutan karet di sisi bawahnya. Jadi jangan kawatir akan pecah casingnya. Dibantingpun tdk pecah, paling dalemanya yang bermasalah heheheheh. HT ini tahan air, dijamin. Dengan kata lain submersible. Jadi jika tercelup air dalam jangka waktu satu jampun HT ini tidak akan bermasalah. Setiap lubang dilindungi dengan sealed khusus. Begitu pula dengan speaker, dibuat tahan air. Jadi jangan kawatir bawa HT ini sambil hujan-hujanan. Hehehehe sangat cocok untuk para pendaki, kena hujan aman….

Full kepyad programable. Satu keypad bisa memiliki beberapa fungsi sebagai short cut dari menu utama. HT ini sendiri memiliki banyak menu didalamnya.

Yang mengagumkan HT ini memiliki berbagai fitur andalan bawaanya. Antara lain frekwensi counter. Dengan fasilitas ini kita dapat mengetahui frekwensi radio lain yang memancar. Misal kita ingin tahu frekwensi TX Pak Polisi, tinggal kita aktifkan frekwensi counter ini sambil nongrong di dekat pos pak polisi. Pasti dapet dah. Sekalian bisa scan Tone yang digunakan. Jadi kita bisa tahu frekwensi repeater dan bisa ikut ngomong (tidak disarankan loh).

Fasilitas lain adalah spectrum analizer. Fungsinya untuk mengetahui perangkat lain tepat atau tidak frekwensi pancaranya. Misal perangkat lain TX di 144.040 Mhz, kita analizer, maka akan tahu pesawat tersebut pas tidak atau bergeser ke kiri / kanan frekwensinya. Kadang pesawat tdk tepat / tdk sesuai frekwensi pacaranya dengan yang didisplay pesawat. Kalau Spectrum analizer kita buka lebar, maka akan terpantau frekwensi mana saja yang ada pancaranya sesuai setelan lebar spectrum yang disetel.

Pesawat ini bisa TRUE DUAL RECEIVE. Menerima dua frekwensi sekaligus secara bersamaan. Beda dengan dual watch yang bergantian cek frekwensi. Jadi seolah-olah kita mempunya dua HT sekaligus. Dengan LCD yang lumayan besar, maka kedua frekwensi tersebut dapat ditampilkan full di layar. Berbicara tentang LCD VX7R, dari sekian banyak HT yang pernah saya miliki, LCD VX7R ini paling bagus. Full dot matrix. Sehingga dapat menampilkan karakter dan gambar secara sempurna. Iluminasi dan kontras LCD pun dapat kita atur sedemikian rupa.

Berbicara tentang rentang frekwensi, HT ini mengcover 0,4 MHz – 999.990 MHz. Jadi memang tergolong wideband radio dengan mode AM / FM / WFM. Sayang tdk ada mode SSB untuk memonitor HF band. HT, seperti HT merek Yaesu lain sangat mudah dimodifikasi TX/RX nya. Yang saya pakai sdh dimodifikasi TX 40 MHz – 570 MHz continue. Jadi bisa TX di semua rentang band itu.

Yang baru saya coba adalah fungsi VOX tanpa headset khusus VOX. VX7R mempunyai fungsi VOX auto dengan mode low dan high sensitif. Jika fungsi ini diaktifkan, kita dapat berbicara tanpa perlu menekan PTT. Jika kita bicara maka otomatis akan langsung TX tanpa menekan PTT. Jika kita diam maka otomatis mode RX. Hal ini bisa dilakukan tanpa headset/mic khusus PTT, dengan kata lain dengan HT saja bisa dilakukan. Juga bisa dilakukan dengan headset standar non VOX. Headset yang banyak dijual di pasaran.

Ada juga fungsi smart seach. Dengan fungsi ini HT otomatis mencari frekwensi dalam range tertentu. Misal jika kita set 440.000 – 450.000 dan mode continues, maka HT ini akan mencari frekwensi dalam range frekwensi tersebut, bolak balik otomatis sampai 30 memory frekwensi yang disediakan terisi semua. Jika blm terisi maka akan tetap mencari. hal ini sangat membantu saat kita berada di kota yang baru kita kunjungi. Aktifkan smart search, masukan HT di saku atau tas sambil jalan2. Kita tdk perlu scan bolak-balik lagi.

Secara umum saya sangat menyukai HT ini. I’m realy love it. HT yang luar biasa dengan kemampuan yang luar biasa. Impian saya berikutnya adalah VX8R. Sudah banyak orang yang menawar HT ini. Walaupun saya mendapatkan keuntungan finansial yang lumayan jika HT ini saya jual, tetapi sampai sekarang belum niat menjualnya. Karena jika mau beli lagi harganya masih 3,7 juta rupiah.

Jika saya dirumah, HT ini masuk kotak. Karena nyaris ditempat saya hanya ada frekwensi VHF amatir. jadi VX7R tdk berguna. Jika bepergian keluar kota, maka HT ini selalu setia menemani. Yah hanya untuk monitor saja. Sangat… sangat jarang untuk TX. kecuali terpaksa bener. Jadi bisa dikatakan kondisi masih perfect.
http://www.telomoyo.com/vx7r.htm

avatar
admin
Admin

Jumlah posting : 105
Join date : 13.06.11
Lokasi : jakarta

Lihat profil user http://info-lantas-jakarta.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik