FORUM LALU LINTAS JAKARTA
SELAMAT DATANG DI FORUM LALU LINTAS, FORUM INI SEBAGAI WADAH UNTUK BERTUKAR INFORMASI, MENYAMPAIKAN SOLUSI DAN PENDAPAT YANG BERKAITAN DENGAN LALU LINTAS.

UNTUK MEMULAINYA SILAHKAN ANDA LOGIN ATAU BAGI ANDA YANG BELUM MENJADI MEMBER SILAHKAN KLIK PENDAFTARAN KEMUDIAN ANDA LOGIN DENGAN ACCOUNT ANDA.

TERIMAKASIH

admin
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
free forum


Solusi atasi macet

Go down

Solusi atasi macet

Post by admin on Tue Jun 14, 2011 12:21 am

Sudah menjadi pandangan umum, bahwa Jakarta adalah identik dengan macet. Sampai-sampai ada kesan kalau tidak macet itu bukan Jakarta. Berbagai cara, seminar, simposium dan lain sebagainya di gelar dengan tema atasi kemacetan. Tapi sejak acara-acara tersebut diadakan dan entah hasilnya apa, namun belum ada realisasi nyata yang terlihat oleh masyarakat. Sampai sampai saya berfikir, itu acara hanya untuk kumpul-kumpul dan meraih simpati atau betul-betul mencari solusi yang terbaik?

Ternyata Polda Metro Jaya punya satu jurus jitu yang mampu atasi kemacetan untuk "saat ini". Pembatasan truck dan mobil barang dengan roda 6 atau lebih dilarang masuk jalan tol dalam kota antara pukul 05.00 Wib hingga 22.00 Wib.

Uji coba dilakukan oleh Polda Metrojaya saat berlangsungnya KTT ASEAN yang ternyata hasilnya luar biasa. Bahwa kemacatan pada pagi dan sore hari di sekitar tol dalam kota mulai berkurang. Gayungpun bersambut, Gubernur DKI mendukung kegiatan tersebut dan mengharapkan untuk di laksanakan selamanya, tapi Bapak Menteri Perhubungan dan ORGANDA menolak dengan argumennya masing-masing. Kalau ORGANDA jelas tidak mau rugi!!!

1. Apa tanggapan anda tentang solusi ini?
2. Jika anda tidak setuju, apakah anda punya solusi lain yang lebih bijak?
3. Bagaimana tanggapan anda jika kebijakan pembatasan kendaraan barang tersebut di cabut?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Postingan diatas, adalah solusi yang pernah dan sedang di laksanakan oleh Sat PJR Polda Metro Jaya, yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Tol Dalam Kota. Sesaat setelah aturan tersebut di berlakukan, benar bahwa arus lalu lintas di Tol Dalam Kota terlihat lancar karena tanpa hambatan di jalur.

Pertanyaan yang mungkin timbul sekarang adalah, "Apakah sekarang tol dalam kota bebas macet setelah pemberlakuan aturan tersebut?"

Inilah pertanyaan BESAR dan tanggung jawab semua pihak untuk bisa memberikan solusi yang di dasari kesadaran dalam berlalu lintas. Hal ini bukan semata-mata tugas dari Polisi Lalu lintas, tapi tanggung jawab kita semua. Tidak ada salahnya jika sedari sekarang kita mulai memikirkannya.

Jujur harus di akui, bahwa walaupun sudah di berlakukan aturan tersebut, ternyata yang namanya Tol Dalam Kota Jakarta masih saja terjadi kemacetan. Dan kemacetan memang sudah jadi pemandangan sehari-hari. Bisa anda bayangkan bagaimana kalau Truk/ kendaraan barang roda 6 atau lebih masih masuk tol dalam kota, mungkin tol dalam kota sudah Stuck alias tidak bergerak alias hanya tempat parkir.

Kami Petugas PJR Polda Metro Jaya berusaha semaksimal mungkin untuk mengupayakan kelancaran di jalan tol tersebut, tapi hasilnya juga belum bisa di rasakan bagi masyarakat. Pengaturan lalu lintas yang bagaimana yang harus kami rumuskan adalah PR besar bagi kami. Kita tahu bahwa Jalan tol ibarat keranjang yang tidak ada celah lain untuk mengurai kemacetan selain jalur keluar tol pada titik-titik tertentu. Dan justru sumber kemacetan utama adalah di jalur keluar tersebut (off ramp). Dapat saya contohkan yang jadi penyebab utama kemacetan tol dalam kota saat pagi hari (pkl 06.30 sd 10.00 WIB) adalah sbb:
1. Menjelang keluar Bukopin
2. Menjelang keluar Tegal parang/ kuningan
3. Menjelang keluar Semanggi/ Depan Polda

Demikian sedikit gambaran tentang kemacetan di Jalan tol dalam kota, saya selaku admin forum ini mengharapkan dengan sangat PARTISIPASI dari anda semua untuk memberikan SARAN dan SOLUSI demi kepentingan kita bersama.

Terimakasih
Admin
avatar
admin
Admin

Jumlah posting : 105
Join date : 13.06.11
Lokasi : jakarta

Lihat profil user http://info-lantas-jakarta.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Salam Kenal

Post by PeduliLantas on Mon Oct 01, 2012 1:54 am

Salam kenal sebelumnya, ini adalah posting pertama saya.
Melihat artikel ini saya jadi ingat saat saya complain dan memberikan input terhadap analisis macetnya jalan Tol akibat truk yang sering membuat macet karena jalannya yang lambat atau bahkan menggunakan beberapa lajur dengan kecepatan yang tipis perbedaannya.

Saat itu saya mention dengan nyinyir akun @TMCPoldaMetro , tentang berbagai analisis terhadap hal tersebut. Dari pelannya kecepatan mereka,penggunaan lajur yang tidak cuma satu,juga seringnya Laka atau pecah ban yang mereka alami. Sehingga sedikit banyaknya sangat berimbas pada kecepatan rata2 yang didapat oleh pengguna tol dalkot lainnya.

Saya memberikan input,agar tol dalam kota disterilkan dari truk agar lebih memperlancar arus tol dalam kota,khususnya pada saat jam padat pagi atau sore. Namun, di satu sisi truk juga penggerak roda perekonomian hehehe, memang butuh solusi yang tepat tentunya dan sama2 tidak memberatkan satu pihak secara berlebih.

Sekian, dan salam kenal untuk admin dan members Wink

@PeduliLantas

PeduliLantas

Jumlah posting : 2
Join date : 01.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Terimakasih sudah bergabung

Post by admin on Thu Oct 25, 2012 9:51 pm

Besar harapan kami agr nantinya rekan2 banyak menyampaikan unek unek untuk dibahas bersama yg tentunya berkaitan dengan lalu lintas. Forum ini sengaja di hadirkan sebagai sarana berkomunikasi di antara kita semua, dgn harapan membuka wawasan berkaitan permasalahan lalu lintas.

Saya selaku admin forum ini tdk bisa menjamin sepenuhnya, apabila hasil dari forum ini akan di tindak lanjuti pemerintah. Kami hanya menghadirkan sarana bertukar informasi, dan jika kami ada kesempatan, maka tdk menutup kemungkinan ide dan saran dari hasil forum ini akan kami sampaikan ke yang berwenang.

Admin mengakui masih banyak kekurangan dan keterbatasan dlm segala hal, utk itu mohon di maklumi jika penyajian topik kurang berkenan.

Salam dan selamat bergabung
avatar
admin
Admin

Jumlah posting : 105
Join date : 13.06.11
Lokasi : jakarta

Lihat profil user http://info-lantas-jakarta.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Solusi atasi macet

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik