Similar topics
Pencarian
Latest topics
Solusi atasi macet
2 posters
Halaman 1 dari 1
Solusi atasi macet
Sudah menjadi pandangan umum, bahwa Jakarta adalah identik dengan macet. Sampai-sampai ada kesan kalau tidak macet itu bukan Jakarta. Berbagai cara, seminar, simposium dan lain sebagainya di gelar dengan tema atasi kemacetan. Tapi sejak acara-acara tersebut diadakan dan entah hasilnya apa, namun belum ada realisasi nyata yang terlihat oleh masyarakat. Sampai sampai saya berfikir, itu acara hanya untuk kumpul-kumpul dan meraih simpati atau betul-betul mencari solusi yang terbaik?
Ternyata Polda Metro Jaya punya satu jurus jitu yang mampu atasi kemacetan untuk "saat ini". Pembatasan truck dan mobil barang dengan roda 6 atau lebih dilarang masuk jalan tol dalam kota antara pukul 05.00 Wib hingga 22.00 Wib.
Uji coba dilakukan oleh Polda Metrojaya saat berlangsungnya KTT ASEAN yang ternyata hasilnya luar biasa. Bahwa kemacatan pada pagi dan sore hari di sekitar tol dalam kota mulai berkurang. Gayungpun bersambut, Gubernur DKI mendukung kegiatan tersebut dan mengharapkan untuk di laksanakan selamanya, tapi Bapak Menteri Perhubungan dan ORGANDA menolak dengan argumennya masing-masing. Kalau ORGANDA jelas tidak mau rugi!!!
1. Apa tanggapan anda tentang solusi ini?
2. Jika anda tidak setuju, apakah anda punya solusi lain yang lebih bijak?
3. Bagaimana tanggapan anda jika kebijakan pembatasan kendaraan barang tersebut di cabut?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Postingan diatas, adalah solusi yang pernah dan sedang di laksanakan oleh Sat PJR Polda Metro Jaya, yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Tol Dalam Kota. Sesaat setelah aturan tersebut di berlakukan, benar bahwa arus lalu lintas di Tol Dalam Kota terlihat lancar karena tanpa hambatan di jalur.
Pertanyaan yang mungkin timbul sekarang adalah, "Apakah sekarang tol dalam kota bebas macet setelah pemberlakuan aturan tersebut?"
Inilah pertanyaan BESAR dan tanggung jawab semua pihak untuk bisa memberikan solusi yang di dasari kesadaran dalam berlalu lintas. Hal ini bukan semata-mata tugas dari Polisi Lalu lintas, tapi tanggung jawab kita semua. Tidak ada salahnya jika sedari sekarang kita mulai memikirkannya.
Jujur harus di akui, bahwa walaupun sudah di berlakukan aturan tersebut, ternyata yang namanya Tol Dalam Kota Jakarta masih saja terjadi kemacetan. Dan kemacetan memang sudah jadi pemandangan sehari-hari. Bisa anda bayangkan bagaimana kalau Truk/ kendaraan barang roda 6 atau lebih masih masuk tol dalam kota, mungkin tol dalam kota sudah Stuck alias tidak bergerak alias hanya tempat parkir.
Kami Petugas PJR Polda Metro Jaya berusaha semaksimal mungkin untuk mengupayakan kelancaran di jalan tol tersebut, tapi hasilnya juga belum bisa di rasakan bagi masyarakat. Pengaturan lalu lintas yang bagaimana yang harus kami rumuskan adalah PR besar bagi kami. Kita tahu bahwa Jalan tol ibarat keranjang yang tidak ada celah lain untuk mengurai kemacetan selain jalur keluar tol pada titik-titik tertentu. Dan justru sumber kemacetan utama adalah di jalur keluar tersebut (off ramp). Dapat saya contohkan yang jadi penyebab utama kemacetan tol dalam kota saat pagi hari (pkl 06.30 sd 10.00 WIB) adalah sbb:
1. Menjelang keluar Bukopin
2. Menjelang keluar Tegal parang/ kuningan
3. Menjelang keluar Semanggi/ Depan Polda
Demikian sedikit gambaran tentang kemacetan di Jalan tol dalam kota, saya selaku admin forum ini mengharapkan dengan sangat PARTISIPASI dari anda semua untuk memberikan SARAN dan SOLUSI demi kepentingan kita bersama.
Terimakasih
Admin
Ternyata Polda Metro Jaya punya satu jurus jitu yang mampu atasi kemacetan untuk "saat ini". Pembatasan truck dan mobil barang dengan roda 6 atau lebih dilarang masuk jalan tol dalam kota antara pukul 05.00 Wib hingga 22.00 Wib.
Uji coba dilakukan oleh Polda Metrojaya saat berlangsungnya KTT ASEAN yang ternyata hasilnya luar biasa. Bahwa kemacatan pada pagi dan sore hari di sekitar tol dalam kota mulai berkurang. Gayungpun bersambut, Gubernur DKI mendukung kegiatan tersebut dan mengharapkan untuk di laksanakan selamanya, tapi Bapak Menteri Perhubungan dan ORGANDA menolak dengan argumennya masing-masing. Kalau ORGANDA jelas tidak mau rugi!!!
1. Apa tanggapan anda tentang solusi ini?
2. Jika anda tidak setuju, apakah anda punya solusi lain yang lebih bijak?
3. Bagaimana tanggapan anda jika kebijakan pembatasan kendaraan barang tersebut di cabut?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Postingan diatas, adalah solusi yang pernah dan sedang di laksanakan oleh Sat PJR Polda Metro Jaya, yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Tol Dalam Kota. Sesaat setelah aturan tersebut di berlakukan, benar bahwa arus lalu lintas di Tol Dalam Kota terlihat lancar karena tanpa hambatan di jalur.
Pertanyaan yang mungkin timbul sekarang adalah, "Apakah sekarang tol dalam kota bebas macet setelah pemberlakuan aturan tersebut?"
Inilah pertanyaan BESAR dan tanggung jawab semua pihak untuk bisa memberikan solusi yang di dasari kesadaran dalam berlalu lintas. Hal ini bukan semata-mata tugas dari Polisi Lalu lintas, tapi tanggung jawab kita semua. Tidak ada salahnya jika sedari sekarang kita mulai memikirkannya.
Jujur harus di akui, bahwa walaupun sudah di berlakukan aturan tersebut, ternyata yang namanya Tol Dalam Kota Jakarta masih saja terjadi kemacetan. Dan kemacetan memang sudah jadi pemandangan sehari-hari. Bisa anda bayangkan bagaimana kalau Truk/ kendaraan barang roda 6 atau lebih masih masuk tol dalam kota, mungkin tol dalam kota sudah Stuck alias tidak bergerak alias hanya tempat parkir.
Kami Petugas PJR Polda Metro Jaya berusaha semaksimal mungkin untuk mengupayakan kelancaran di jalan tol tersebut, tapi hasilnya juga belum bisa di rasakan bagi masyarakat. Pengaturan lalu lintas yang bagaimana yang harus kami rumuskan adalah PR besar bagi kami. Kita tahu bahwa Jalan tol ibarat keranjang yang tidak ada celah lain untuk mengurai kemacetan selain jalur keluar tol pada titik-titik tertentu. Dan justru sumber kemacetan utama adalah di jalur keluar tersebut (off ramp). Dapat saya contohkan yang jadi penyebab utama kemacetan tol dalam kota saat pagi hari (pkl 06.30 sd 10.00 WIB) adalah sbb:
1. Menjelang keluar Bukopin
2. Menjelang keluar Tegal parang/ kuningan
3. Menjelang keluar Semanggi/ Depan Polda
Demikian sedikit gambaran tentang kemacetan di Jalan tol dalam kota, saya selaku admin forum ini mengharapkan dengan sangat PARTISIPASI dari anda semua untuk memberikan SARAN dan SOLUSI demi kepentingan kita bersama.
Terimakasih
Admin
Salam Kenal
Salam kenal sebelumnya, ini adalah posting pertama saya.
Melihat artikel ini saya jadi ingat saat saya complain dan memberikan input terhadap analisis macetnya jalan Tol akibat truk yang sering membuat macet karena jalannya yang lambat atau bahkan menggunakan beberapa lajur dengan kecepatan yang tipis perbedaannya.
Saat itu saya mention dengan nyinyir akun @TMCPoldaMetro , tentang berbagai analisis terhadap hal tersebut. Dari pelannya kecepatan mereka,penggunaan lajur yang tidak cuma satu,juga seringnya Laka atau pecah ban yang mereka alami. Sehingga sedikit banyaknya sangat berimbas pada kecepatan rata2 yang didapat oleh pengguna tol dalkot lainnya.
Saya memberikan input,agar tol dalam kota disterilkan dari truk agar lebih memperlancar arus tol dalam kota,khususnya pada saat jam padat pagi atau sore. Namun, di satu sisi truk juga penggerak roda perekonomian hehehe, memang butuh solusi yang tepat tentunya dan sama2 tidak memberatkan satu pihak secara berlebih.
Sekian, dan salam kenal untuk admin dan members
@PeduliLantas
Melihat artikel ini saya jadi ingat saat saya complain dan memberikan input terhadap analisis macetnya jalan Tol akibat truk yang sering membuat macet karena jalannya yang lambat atau bahkan menggunakan beberapa lajur dengan kecepatan yang tipis perbedaannya.
Saat itu saya mention dengan nyinyir akun @TMCPoldaMetro , tentang berbagai analisis terhadap hal tersebut. Dari pelannya kecepatan mereka,penggunaan lajur yang tidak cuma satu,juga seringnya Laka atau pecah ban yang mereka alami. Sehingga sedikit banyaknya sangat berimbas pada kecepatan rata2 yang didapat oleh pengguna tol dalkot lainnya.
Saya memberikan input,agar tol dalam kota disterilkan dari truk agar lebih memperlancar arus tol dalam kota,khususnya pada saat jam padat pagi atau sore. Namun, di satu sisi truk juga penggerak roda perekonomian hehehe, memang butuh solusi yang tepat tentunya dan sama2 tidak memberatkan satu pihak secara berlebih.
Sekian, dan salam kenal untuk admin dan members
@PeduliLantas
PeduliLantas- Jumlah posting : 2
Join date : 01.10.12
Terimakasih sudah bergabung
Besar harapan kami agr nantinya rekan2 banyak menyampaikan unek unek untuk dibahas bersama yg tentunya berkaitan dengan lalu lintas. Forum ini sengaja di hadirkan sebagai sarana berkomunikasi di antara kita semua, dgn harapan membuka wawasan berkaitan permasalahan lalu lintas.
Saya selaku admin forum ini tdk bisa menjamin sepenuhnya, apabila hasil dari forum ini akan di tindak lanjuti pemerintah. Kami hanya menghadirkan sarana bertukar informasi, dan jika kami ada kesempatan, maka tdk menutup kemungkinan ide dan saran dari hasil forum ini akan kami sampaikan ke yang berwenang.
Admin mengakui masih banyak kekurangan dan keterbatasan dlm segala hal, utk itu mohon di maklumi jika penyajian topik kurang berkenan.
Salam dan selamat bergabung
Saya selaku admin forum ini tdk bisa menjamin sepenuhnya, apabila hasil dari forum ini akan di tindak lanjuti pemerintah. Kami hanya menghadirkan sarana bertukar informasi, dan jika kami ada kesempatan, maka tdk menutup kemungkinan ide dan saran dari hasil forum ini akan kami sampaikan ke yang berwenang.
Admin mengakui masih banyak kekurangan dan keterbatasan dlm segala hal, utk itu mohon di maklumi jika penyajian topik kurang berkenan.
Salam dan selamat bergabung
Similar topics
» Tak ada salahnya di baca "Solusi Macet Singapura"
» Bukan hanya info, tapi kami butuh solusi...
» Peta Rawan Macet Jadetabek
» Bukan hanya info, tapi kami butuh solusi...
» Peta Rawan Macet Jadetabek
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Fri Aug 26, 2016 7:29 am by admin
» Info alih arus lalu lintas Jakarta Selasa, 1 September 2015
Mon Aug 31, 2015 10:04 pm by admin
» Pagi ini kecelakaan di Tol Jati warna korban MD 2 org dan luka berat 2 org
Tue Mar 17, 2015 6:24 am by admin
» Analisa Arus lalu lintas Tol Dalam Kota Berdasarkan jam pada hari kerja
Mon Mar 09, 2015 6:56 am by admin
» Lomba Fotografi Dalam rangka HUT Polda Metro Jaya
Fri Nov 28, 2014 8:53 pm by admin
» Genangan air wil DKI sd pkl 06:25 wib
Tue Feb 04, 2014 6:32 am by admin
» Tol Bekasi barat arah Jakarta Macet imbas banjir
Wed Jan 29, 2014 8:37 am by admin
» PENUTUPAN ON/ OFF RAMP TOL DALAM KOTA (UJI COBA REKAYASA LALIN)
Fri Dec 13, 2013 7:04 am by admin
» DAFTAR SEMENTARA KORBAN LAKA KRL VS TANGKI BBM DI BINTARO
Mon Dec 09, 2013 4:37 pm by admin